SEO dan SEM suatu hal yang sangat mirip dalam periklanan digital. Perbedaan SEO dan SEM yang paling mencolok adalah strategi pemasaran tersebut.
SEO menggunakan sistem organik atau gratis dan SEM non organik atau membayar sejumlah uang.
SEO dan SEM memiliki tujuan yang sama, yaitu agar masuk ke urutan mesin pencari. Melihat tujuan mereka yang sama, ketahui penjelasan mengenai SEO dan SEM pada artikel di bawah ini.
Apa Itu SEO dan SEM
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang bertujuan mengoptimasi website agar masuk deretan atas mesin pencari dengan sistem organik.
SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti memasang iklan pada mesin pencari agar masuk deretan teratas secara berbayar atau non organik.
Selain itu, SEO dan SEM memiliki persamaan dan tujuan yang sama. Berikut adalah beberapa persamaan SEO dan SEM:
1. Brand Awareness
SEO dan SEM adalah pemasaran yang dilakukan dengan cara mengoptimasi website agar masuk ke dalam urutan teratas mesin pencari.
Ketika hal tersebut berhasil terpasang, maka orang akan setidaknya membaca website kita. Dari situ SEO dan SEM bekerja dengan membangun brand awareness.
2. Meningkatkan Traffic Website
Ketika SEO dan SEM terpasang, maka website akan masuk ke dalam urutan teratas. Hal tersebut memiliki potensi besar agar orang mengklik website atau bahkan melakukan transaksi di sana.
Nah, kalo gitu apa bedanya SEO dan SEM? Mari kita ketahui perbedaan SEO dan SEM pada artikel di bawah ini.
Perbedaan SEO dan SEM
Walaupun SEO dan SEM memiliki beberapa persamaan, SEO dan SEM juga memiliki perbedaan lho. Nah, ini dia perbedaan SEO dan SEM:
1. Waktu dalam Mendapatkan Hasil
Perbedaan yang pertama yaitu waktu dalam mendapatkan hasil. Kenapa begitu, jika kita menggunakan SEM, kita akan membayar sejumlah uang agar website kita masuk ke dalam urutan teratas sesegera mungkin.
Namun pada SEO, kita perlu merancang strategi seperti pemilihan keyword yang relevan, menganalisis konten, menganalisis traffic, dan lain sebagainya.
Tak heran, jika ketika menggunakan SEO, hasil yang kita dapatkan akan terlihat dalam waktu hingga berbulan-bulan.
2. Biaya
Nah, di poin pertama sudah dijelaskan bahwa SEO dan SEM memiliki perbedaan yaitu organik dan non organik.
SEO memang mendapat hasil yang cukup lama karena biasanya mesin pencari perlu menganalisa website kamu terlebih dahulu dengan kompetitor.
Berbeda dengan SEM, mesin pencari akan menampilkan website kamu masuk ke dalam urutan atas tanpa perlu menunggu hingga berbulan-bulan.
Biaya yang dikeluarkan dari pemasangan iklan SEM yaitu setiap kali orang yang mengklik website kamu, maka kamu akan membayar sejumlah banyaknya orang yang mengklik website kamu.
Walaupun SEO gratis, kamu perlu membentuk tim SEO yang kompeten, seperti gaji tim, hingga alat-alat yang mesti digunakan.
3. Target Audience
Pada SEO, kamu tidak bisa serta merta mengatur target audience, karena website kamu akan mengarah ke semua kalangan.
Positifnya, konten kamu akan dinotice oleh semua kalangan yang berarti peluang brand awareness semakin luas.
Pada SEM, kamu bisa mengatur terlebih dahulu sebelum iklan terpasang, seperti siapa target audience, umur berapa, jenis kelamin, hingga wilayah.
4. Potensi Click Through Rate (CTR)
Bagi kamu yang belum tahu apa itu CTR, jadi CTR adalah sebuah persentase jumlah klik pada suatu iklan di laman blog atau website.
Nah, kenapa CTR ini berhubungan dengan SEM dan SEO? Karena SEO dan SEM bermain dalam website yang memiliki tujuan mendapat audience.
Kabarnya, SEO akan mendapatkan CTR yang lebih besar dibandingkan SEM, jika SEO masuk ke dalam 3 urutan pertama SERP (Search Engine Result Page).
Tetapi, jika SEO masih di bawah 3 urutan mesin pencari, maka SEM lebih unggul dalam hal ini.
5. Penggunaan Jangka Panjang
Jika melihat untuk investasi bisnis jangka panjang, SEO lebih unggul, mengapa? Sebab jika website berhasil terpasang SEO maka website tersebut akan terus berada di deretan atas mesin pencari dalam kurun waktu hingga bertahun-tahun.
Berbeda dengan SEM, jika kamu sudah tidak membayar iklan untuk SEM lagi, maka website yang terpasang SEM akan hilang dari urutan atas mesin pencari.
SEO dan SEM juga memiliki manfaat bagi bisnis. Beberapa manfaatnya akan dijelaskan pada penjelasan di bawah ini:
Manfaat SEO dan SEM
SEO dan SEM juga memiliki perbedaan dalam manfaatnya masing-masing.
Manfaat SEO
1. Jangkauan Audience yang Lebih Luas
Manfaat yang pertama dari pemasangan SEO adalah luasnya jangkauan, kenapa begitu?
Karena jika website masuk urutan teratas mesin pencari, orang yang menggunakan kata kunci yang memiliki kesamaan pada konten website, maka website akan muncul di halaman pertama mesin pencari.
2. Meningkatkan Traffic Website
Website yang terpasang SEO akan memiliki cakupan yang luas, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan traffic pada website.
Meningkatkan traffic website akan berdampak positif pada bisnis kamu, sebab di sana audience memungkinkan melakukan transaksi atau berlangganan pada produk yang kamu punya.
3. Pemasaran yang Gratis
SEO memiliki sistem pemasangan iklan yang gratis, sehingga kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk memasang iklan.
Perlu diingat jika kamu melakukan strategi SEO harus memperhatikan strategi-strategi agar tak kalah saing dengan kompetitor yang melakukan strategi SEO.
Nah, berikut adalah manfaat SEO, lalu manfaat SEM apa? Di bawah ini merupakan manfaat SEM pada bisnis:
Manfaat SEM
1. Dapat Menargetkan Audience
Berbeda dengan SEO, kamu bisa menargetkan audience, seperti umur, jenis kelamin, atau wilayah dari audience.
Hal tersebut akan membuat bisnis yang kamu punya akan bisa lebih tepat sasaran dengan audience.
2. Hasil
SEM akan mendapatkan hasil dalam waktu dekat. Hal tersebut dikarenakan mesin pencari tak perlu menganalisis terlebih dahulu website hingga konten yang ada pada website kamu.
3. Brand Awareness
Walaupun SEO juga memiliki tingkat brand awareness yang tinggi, namun SEM lebih unggul.
Setiap kali orang melakukan pencarian dengan keyword tertentu, maka website yang menggunakan SEM lebih dulu masuk urutan atas dibandingkan dengan SEO.
Demikianlah penjelasan mengenai Perbedaan SEO dan SEM. Di era yang serba digital ini memang SEO dan SEM perlu dijalankan, melihat orang di zaman sekarang dikelilingi internet.
Namun jika kamu mempunyai bisnis tetapi masih awam dengan SEO dan SEM karena strateginya yang bikin mumet,Jasa SEO Bang Mizan hadir untuk membantu mengoptimalkan website kamu dengan melakukan strategi Digital Marketing.
Kepoin deh, udah banyak orang yang bilang dapat hasil yang memuaskan dengan jasa Bang Mizan.