Apa itu SEO? Apa keuntungan dari menggunakannya? dan apa manfaat sebenarnya dari hal tersebut?
Di zaman yang serba digital ini, banyak perusahaan yang memasarkan bisnisnya melalui pemasaran digital dengan berbagai strategi yang dijalankan, salah satunya adalah SEO.
Perlu kamu ketahui bahwa SEO adalah salah satu cara pemasaran digital yang dilakukan secara gratis, namun dengan hasil yang memuaskan.
Perusahaan yang menjalankan bisnisnya dengan menggunakan SEO paling tidak akan mendapatkan hasil minimal dalam kurun waktu 6 bulan bahkan lebih.
Menurut data PR Newswire, terdapat keuntungan yang diraup oleh market penyedia layanan SEO sebesar 83,7 miliar dolar AS yang diperkirakan terjadi di tahun 2025 dengan CAGR (Compounded Annual Growth Rate) sebesar 19,6%
Karir sebagai seorang SEO di tahun 2023 pun melonjak tinggi, melihat dunia yang serba digital ini mengharuskan semua kegiatan pindah ke dalam era digital.
Maka dari itu, jika kamu penasaran dengan apa itu SEO, mari simak ulasan berikut!
Apa Itu SEO?
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu cara untuk mengoptimasi mesin pencarian seperti Google, Bing, dan Yahoo dengan cara membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Tujuannya adalah agar konten yang sudah dibuat masuk dalam hasil pencarian paling atas. Optimasi ini penting untuk meningkatkan bisnis yang sedang dijalankan.
Simpelnya, perusahaan pasti menggunakan website untuk memperkenalkan produknya, atau pemasaran. Nah, fungsi dari SEO ini adalah bagaimana cara website tersebut masuk di deretan teratas pencarian dengan keyword yang sudah ditentukan.
Siapa sih yang tidak menggunakan website sebagai salah satu alat utama jika sedang mencari sesuatu? Pasti banyak, kan.
Target dari terlaksananya strategi SEO adalah mereka yang biasa berbelanja secara online menggunakan website untuk membandingkan produk, membeli produk, atau hanya sekadar membandingkan harga saja.
Konsumen yang mengklik website dan membaca artikel di urutan atas pencarian merupakan website yang sudah terintegrasi SEO yang membuat konsumen nyaman membaca artikel tersebut.
Artikel yang dibuat agar masuk ke urutan atas pencarian juga tidak sembarang, perlu dilakukan strategi-strategi untuk berada pada urutan atas pencarian.
Hal ini dinamakan artikel SEO friendly. Nah, apa sih artikel SEO friendly itu?
Apa Itu Artikel SEO Friendly?
Pasti jika perusahaan menggunakan SEO untuk menjalankan bisnisnya mempunyai artikel yang ditaruh di dalam website perusahaan tersebut.
Artikel tersebut memiliki kerangka tersendiri supaya masuk ke dalam deretan atas pencarian. Biasanya, penyedia layanan SEO menggunakan strategi SEO dengan memasukkan keyword-keyword yang relevan dengan topik yang sedang dibahas.
Tetapi tak hanya memikirkan keyword saja, artikel SEO friendly harus menjawab pertanyaan pengunjung website.
Biasanya artikel SEO friendly menggunakan gaya tulisan semi formal sehingga membuat konsumen atau pengunjung laman nyaman ketika membaca artikel tersebut.
Artikel SEO friendly adalah artikel yang mana konten dari isi tulisan mengikuti aturan algoritma Google terbaru sehingga dapat menarik pembaca.
Konsumen biasanya hanya membutuhkan 3-5 detik pertama untuk membaca produk yang kita jual maka penyedia layanan SEO dan Content Writer perlu melakukan strategi yang kuat untuk membangun bisnis digital.
Lalu, apa bedanya artikel biasa dengan artikel SEO friendly? Keyword! Yap, keyword yang digunakan dalam sebuah artikel SEO friendly harus sesuai dengan isi konten, apa yang sedang trend, serta berapa banyak orang yang menggunakan keyword tersebut untuk mencari sesuatu.
Gimana kita tau siapa saja yang menggunakan keyword-keyword tersebut? Kamu bisa gunakan tools-tools seperti SEMrush, Ahrefs, atau Google Keyword Planner!
Jadi, jika artikel biasa hanya menggunakan kosa kata atau keyword yang relevan saja namun berbeda dengan artikel SEO friendly yang mengharuskan artikelnya memasuki keyword yang sudah dianalisis terlebih dahulu.
Tak hanya sampai situ, SEO memiliki beberapa jenis yang perlu dipelajari oleh marketer, untuk lebih jelasnya, berikut jenis-jenis SEO!
Jenis-Jenis SEO
Perlu dilakukan beberapa teknik untuk menjalankan strategi SEO agar dapat masuk deretan atas pencarian. Terlepas dari beberapa teknik yang perlu dipelajari, SEO juga memiliki jenis-jenis yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis.
Terdapat 3 jenis SEO, yaitu On-Page SEO, Off-Page SEO, dan Technical SEO. Ketiga komponen tersebut perlu diperhatikan, sebab kelayakan dari menyusun strategi menggunakan jenis-jenis SEO tersebut dapat mempengaruhi website berada pada laman pencarian.
On-Page SEO adalah jenis SEO yang mengatur komponen yang ada di dalam website. Mulai dari konten yang dibuat, artikel, hingga gambar atau internal link yang terdapat dalam website.
Seorang layanan SEO perlu mengoptimalkan On-Page SEO karena di sini adalah di mana customer pertama kali mengunjungi produk yang dimiliki.
Selain On-Page SEO, Off-Page SEO adalah jenis SEO dengan menggunakan teknik di luar website.
Cara kerjanya yaitu dengan cara berfokus pada website eksternal atau backlink. Biasanya konten artikel yang kamu miliki harus memiliki link untuk mengantar ke artikel atau konten lainnya.
Oleh sebab itu, google akan mendeteksi bahwa website kamu adalah website yang berkualitas.
Terakhir yaitu Technical SEO. Sederhananya, Technical SEO adalah strategi yang memfokuskan tindakan yang dapat membantu search engine masuk ke dalam website kita untuk meningkatkan user experience (UX).
Perlu dilakukan evaluasi seperti user experience, speed website, atau teknik-teknik seperti mobile friendliness yang membuat konsumen nyaman berada di website.
Upaya yang dilakukan dalam Technical SEO adalah pengupayaan dalam memperbaiki tidak adanya masalah pada crawlability atau UX situs.
Dengan mengupayakan cara-cara di atas, diharapkan SEO dapat bekerja secara optimal dan mendapatkan hasil yang memuaskan.
Namun, bagi kamu yang bingung apa manfaat yang didapat jika SEO dilakukan? Apa untungnya? Mari lihat lebih dalam mengenai 7 manfaat SEO untuk bisnis.
7 Manfaat SEO untuk Bisnis
Pemasaran digital ini sangat efektif dilakukan di zaman yang serba modern, melihat hampir seluruh manusia menggunakan internet dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.
SEO bekerja tak hanya menempatkan website pada posisi teratas saja, namun tanpa disadari SEO bekerja dengan tujuan meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan.
Berikut adalah 7 manfaat SEO untuk bisnis yang perlu kamu ketahui!
1. Meningkatkan Brand Awareness
Sudah pasti jika website masuk ke posisi teratas, orang makin banyak yang membaca walau hanya sebentar.
Hal tersebut menjawab pertanyaan atau masalah yang mereka punya dengan hanya membaca judul pada website.
2. Mendapatkan Keuntungan Tanpa Modal
SEO merupakan sebuah metode pengiklanan dengan cara yang gratis. Ketika SEO berhasil terpasang dalam waktu beberapa bulan, traffic website akan melonjak, otomatis banyak orang yang mengklik atau bahkan melakukan transaksi.
3. Memecahkan Masalah Audience
Ketika membuat sebuah artikel pasti didasari dengan masalah, kan? Hal tersebut menjadi jawaban dari apa yang audience cari dalam memecahkan masalah yang mereka hadapi.
4. Membuat Perusahaan Sadar dengan Tren
Zaman selalu berkembang. Setiap masa pasti ada saja tren yang keluar entah dari mana asalnya.
Ketika perusahaan mengaitkan produk yang mereka jual dengan tren yang ada membuat konsumen penasaran dengan produk kita yang unik dan relate dengan tren yang ada sehingga mendapat keuntungan yang banyak.
5. Investasi Jangka Panjang
Berbeda dengan jika kamu iklan dengan metode lain, SEO bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang, kenapa? Karena, jika website sudah masuk ke dalam nomor 1 pencarian akan sulit tergantikan oleh hal lain.
Tetapi untuk bisa mendapat deretan nomor 1, kamu perlu bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.
6. Promosi Tanpa Adanya Batas
Jika website sudah masuk ke deretan atas mesin pencari, maka website tersebut akan terus berada pada deretan tersebut. Tak kenal, jam, hari, ataupun tanggal.
Website yang kamu jalankan dengan SEO akan muncul 24 jam ketika orang sedang meriset menggunakan keyword yang sudah kamu atur.
7. Target Audience Tepat
Mesin pencari akan menampilkan apa yang konsumen butuhkan, dengan menyisipkan konten yang relate dengan audience, maka promosi yang kita lakukan tepat sasaran.
Bagaimana Cara SEO Bekerja?
SEO bekerja dengan mengoptimalkan website agar berada pada deretan atas mesin pencari. Dengan memasukkan keyword-keyword tertentu yang dapat mengoptimalkan website agar masuk deretan atas.
Algoritma sangatlah kompleks, ia bisa berubah setiap saat dan zaman. Setiap penyedia layanan SEO mesti mengetahui cara algoritma bekerja.
Algoritma adalah suatu sistem ranking yang dibuat oleh search engine agar mendapat korelasi antara konten dan apa yang audience butuhkan.
Nah, cara algoritma bekerja tuh seperti apa? Gini, ketika artikel dibuat, pasti ada keyword yang sudah diriset terlebih dahulu agar keyword dan konten artikel relevan dengan produk.
Setelah artikel sudah terpublish, mesin pencari atau bot akan masuk ke dalam artikel tersebut untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang dibahas di dalam artikel tersebut.
Ketika sudah dapat informasi yang ada di dalam artikel, bot mesin pencari akan melakukan pengarsipan di dalam database yang mereka punya. Nah, dari situ artikel yang dimuat akan dianalisis relevansinya.
Bot mesin pencari akan memilih apakah website kamu menjadi website dengan hasil yang terbaik atau tidak. Penilaian yang dilakukan adalah dengan cara menganalisis tingkat relevansi antara isi artikel dan relevansi tren yang ada.
SEO Tugas Siapa?
Search Engine Optimization Specialist merupakan sebuah pekerjaan yang sangat dibutuhkan di masa sekarang. Orang yang bekerja sebagai SEOs akan berkaitan dengan mesin pencari.
Tak hanya pandai menulis saja, seorang SEO juga perlu mengoptimalkan image, bagaimana membuat artikel yang membuat audience nyaman membaca, menganalisis performa traffic web, dan dapat menggabungkan relevansi tren dan kampanye yang akan dijalankan.
Orang yang bekerja sebagai SEO masuk ke dalam divisi Digital Marketing, di sana mereka fokus pada meningkatkan penjualan secara organik maupun non-organik dengan strategi-strategi yang sudah dipikirkan.
Namun, strategi yang dilakukan oleh digital marketer tak hanya SEO saja. SEM, adalah strategi yang mirip dengan SEO.
Lalu, jika SEO dan SEM mirip, apa bedanya dong? Ulasan di bawah ini akan menjawab pertanyaan berikut.
SEO VS SEM
SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti pemasaran digital melalui alat pencari sebagai iklan dan meningkatkan penjualan.
Cara kerja SEM sendiri yaitu perusahaan membayar untuk memasang iklan dan meningkatkan visibilitas sehingga website atau artikel berada tepat di deretan atas mesin pencari.
Berbeda dengan hasil SEO yang butuh waktu berbulan-bulan, SEM akan mendapatkan waktu dalam waktu yang singkat.
Lalu, apa bedanya dengan SEO? Pada dasarnya, kedua teknik tersebut sama. Yang membedakan dari kedua hal tersebut adalah modal yang perlu dikeluarkan.
Jika SEO tidak membutuhkan modal atau biaya untuk memasangkan iklan, namun SEM perlu membayar dengan tarif yang ditentukan agar website masuk ke dalam deretan atas mesin pencari.
Sudah Siap Menggunakan SEO?
Nah, berikut penjelasan mengenai SEO. Gimana? Tertarik untuk menjadi seorang SEO? Cara kerja SEO perlu fokus pada masa sekarang dan menggabungkan dengan produk yang kita punya.
Seorang SEO juga perlu skill yang teliti untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Tetapi, jika kamu mempunyai bisnis namun tidak dapat mengoperasikan SEO tenang saja! Jasa SEO Bang Mizan hadir untuk mengatasi solusi tersebut.
Hadirnya Bang Mizan dengan pengalaman yang expert di bidang SEO akan membantu kamu untuk menjalankan bisnismu dengan harga yang terjangkau! Yuk, kepoin websitenya. kualitas terjamin dengan harga yang terjangkau.
youtube