Apa itu SEM? manfaatnya untuk bisnis apa? dan cara kerjanya itu bagaimana sih? mungkin ini pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh teman-teman semua.
Pemasaran bisnis yang dilakukan pada zaman dahulu dan sekarang memiliki perbedaan. Pemasaran yang dilakukan di era digital ini semua menggunakan internet dan online.
Pemasaran yang dilakukan secara digital disebut Digital Marketing dengan banyaknya jenis-jenis di dalamnya.
Salah satu pemasaran digital yang sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yaitu SEM. Nah, bagi kamu yang masih awam dengan SEM itu apa, artikel ini akan menjawab pertanyaanmu.
Apa Itu SEM?
SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti suatu strategi pemasaran digital (Google Ads) yang dilakukan dengan tujuan menempatkan website perusahaan ada di deretan atas pencarian dengan cara berbayar.
Biasanya perusahaan besar akan membayar mesin pencari tersebut agar mereka dapat memasangkan website mereka masuk ke dalam urutan teratas.
Tak heran ketika kamu browsing pasti menemukan 2 jenis website yaitu website organik dan non organik. Website organik itu menggunakan strategi pemasaran digital SEO, tetapi untuk website yang non organik itu SEM.
SEM akan mendapatkan hasil yang instan tanpa harus menunggu berbulan-bulan.
Sebenarnya, mesin pencari seperti Bing, Yahoo, dan Google sudah menyediakan fitur SEM, tetapi biasanya perusahaan-perusahaan menggunakan google karena google adalah mesin pencari yang paling sering digunakan.
Dalam SEM ini menggunakan sistem Pay Per Click yang artinya setiap ada yang mengklik iklan tersebut, maka pebisnis membayar klik tersebut.
SEM memang memberi keuntungan yang besar bagi bisnis. Selain memberikan keuntungan yang besar bagi bisnis, SEM sangat efektif untuk dilakukan di zaman yang serba digital ini.
Melihat banyak orang yang lebih senang berbelanja online dibandingkan belanja secara offline. Nah kalo gitu, berikut 7 manfaat SEM untuk bisnis.
7 Manfaat SEM Untuk Bisnis
Setelah mengetahui prinsip SEM itu sendiri, mari kita bahas manfaat SEM bagi bisnis. SEM tak hanya bermanfaat dalam mendapatkan keuntungan saja, lho.
SEM memiliki keuntungan-keuntungan lain yang bermanfaat bagi bisnis, antara lain:
1. Target yang Spesifik
Ketika bisnismu menggunakan SEM, kamu pasti perlu menganalisa terlebih dahulu mengenai produk yang kamu jual, dan untuk siapa.
Kamu bisa mengatur itu semua terlebih dahulu agar produk yang kamu pasarkan sesuai target. Penggunaan keyword yang relevan juga memiliki potensi agar audience melakukan transaksi dan menjadi pelanggan.
2. Meningkatkan Traffic Web
Cara kerja SEM yaitu membantu website kamu masuk ke urutan atas mesin pencari. Ketika pengiklanan tersebut berhasil terpasang, otomatis website kamu ada di urutan atas sehingga memiliki potensi besar orang mengklik website kamu dan mendapat meningkatkan traffic web
3. Memiliki Kontrol pada Pemasangan Iklan
Sebelum melakukan SEM, kamu melakukan riset terlebih dahulu agar audience tertarik untuk mampir ke website kamu. Dalam melakukan riset, di sana kamu dapat mengontrol siapa target audience dari website-mu, umur berapa, dan lain sebagainya.
Pemilihan kata kunci, gambar, jenis iklan, serta demografi yang ditulis dalam website kamu juga berpengaruh pada pemasaran SEM.
4. Biaya yang Terjangkau
Sebenarnya, untuk biaya dari setiap perusahaan berbeda-beda. Namun jika kita bandingkan dengan jenis pemasaran lain yang terbatas, SEM merupakan jenis pemasaran yang menguntungkan.
Tak rugi kita mengeluarkan sejumlah uang untuk memasarkan produk kita dengan target audience yang begitu luas.
5. Mendapatkan Keuntungan
Bisnis yang menggunakan SEM akan menggandakan investasinya melalui AdWords atau iklan yang berbayar. Bisnis yang menggunakan SEM menghasilkan pendapatan kurang lebih $2 USD setiap $1 USD yang sudah mereka keluarkan.
6. Peningkatan Brand Awareness
Ketika SEM berhasil terpasang, maka website perusahaan akan muncul di urutan atas.
Nah, dari situ banyak orang ketika menelusuri mesin pencari untuk mencari sesuatu akan melihat website kita. Dari situ setidaknya orang notice dengan website kita.
7. SEM Berfokus pada Konversi
Tak hanya keuntungan soal uang saja, SEM memiliki keuntungan lainnya yang dapat dikonversikan ke beberapa hal.
Contohnya adalah ketika orang mengklik website kita yang terpasang SEM, mereka kemungkinan akan melakukan registrasi, dari registrasi tersebut kita bisa mengirimkan email promosi sehingga mereka tergiur dengan produk yang kita tawarkan.
Lalu, cara kerja SEM gimana? Dari tadi yang dibahas keuntungan dan pengertiannya aja, nih! Baik, di bawah ini kita bahas tentang bagaimana cara SEM bekerja.
Bagaimana Cara Kerja SEM?
SEM bekerja yaitu dengan cara mengedepankan keyword-keyword yang relevan dengan apa yang sedang tren dan produk yang mereka jual.
Ketika menggunakan keyword yang relevan, biasanya algoritma akan memasukan website kamu ke dalam topik-topik yang sedang dibahas oleh orang diluar sana mengenai konten yang selaras dengan website kamu.
Maka dari itu, walaupun website kamu sudah terpasang SEM, kamu perlu perhatikan kata kunci yang ada dalam website tersebut.
Kamu perlu analisa terlebih dahulu mengenai produk yang kamu punya. Kamu bisa menggunakan tools-tools seperti SEMrush, Ahrefs, dan lain-lain untuk mendapat informasi mengenai keyword apa yang sering digunakan.
Algoritma akan memunculkan website kamu ketika orang sedang marak menggunakan kata kunci yang kamu taruh di dalam website.
Hasilnya, website kamu akan mendapat keuntungan dengan menggunakan teknik dari cara kerja SEM.
Biasanya, saingan dari SEM adalah website yang menggunakan SEO. Nah, kamu perlu meningkatkan kualitas website-mu. Sebab website yang menggunakan SEO adalah website yang dipilih mesin pencari tersebut untuk berada di urutan atas.
Lalu, apa bedanya SEO dan SEM?
Apa yang Membedakan SEM dengan SEO?
Dua strategi ini memang memiliki kemiripan. SEO sendiri adalah strategi pemasaran yang mengupayakan website masuk ke dalam deretan teratas mesin pencari. Namun yang membedakan dengan SEM adalah SEO menggunakan sistem organik.
Berbeda dengan SEM, jika SEO menggunakan sistem yang organik, SEM harus membayar terlebih dahulu untuk mendirikan website di deretan atas mesin pencari.
Tak hanya itu, perbedaan dari SEM dan SEO adalah hasil yang didapat dari kedua strategi tersebut.
SEM mendapat hasil masuk ke dalam deretan atas mesin pencari dalam waktu yang singkat. Namun SEO perlu menunggu hingga berbulan-bulan terlebih dahulu agar website-mu masuk ke dalam urutan atas.
Perusahaan atau bisnis dapat menggabungkan dua teknik tersebut agar mendapat hasil yang efektif untuk bisnismu.
SEM Tugas Siapa?
Biasanya perusahaan mempunyai orang yang bisa mengoperasikan SEM. Seorang Digital Marketer yang berfokus pada role SEM yang mengoperasikan bisnis menggunakan SEM.
Orang yang ahli menggunakan SEM adalah orang yang mempunyai pemahaman dalam mengatur peringkat mesin pencari, biasa dikenal sebagai SEM Specialist.
Mereka harus handal dalam menyusun strategi yang akan membawa website ke peringkat atas. Baik itu SEO maupun SEM.
Demikianlah penjelasan mengenai strategi pemasangan SEM. Orang yang handal sangat diperlukan dalam proses pemasangan SEM ini.
Jika kamu bingung perbedaan antara SEM dan SEO sendiri, di artikel tentang apa itu seo? sudah dijelaskan secara mendalam.
Jika membutuhkan jasa SEO silahkan kunujungi Jasa SEO Bang Mizan!